Ketika Anda membawa mobil Anda ke sebuah bengkel untuk perbaikan, pertanyaan untuk menggunakan suku cadang asli (Original Equipment/ OE) atau Aftermarket selalu muncul. Anda pasti bingung untuk memilih yang mana? Disini, kita akan membahas pro dan kontra dari masing masing jenis suku cadang ini.

Apa itu suku cadang asli atau dikenal sebagai Original Equipment?

Suku cadang asli dapat diproduksi oleh manufaktur kendaraan atau manufaktur suku cadang asli atau lebih dikenal sebagai OEM (Original Equipment Manufacturer) yang membuat suku cadang berdasarkan spesifikasi yang dibutuhkan, setelahnya suku cadang tersebut akan diserahkan kepada manufaktur kendaraan untuk tahap perakitan terakhir. Manufaktur kendaraan yang menyepakati kontrak dengan suatu manufaktur suku cadang asli atau OEM akan meletakkan brand ataupun logo mereka di produk suku cadang yang diproduksi.

Pro:

  • Kualitas – Anda tidak perlu khawatir karena akan mendapat kualitas suku cadang yang sama dengan kualitas suku cadang asli yang sudah terpasang di mobil ini, karena suku cadang langsung diproduksi oleh manufaktur kendaraan.
  • Pemilihan – Anda tidak perlu repot untuk membandingkan suku cadang dan harga, karena biasanya hanya terdapat satu tipe dari suku cadang.

Kontra:

  • Harga – Harga dari suku cadang asli biasanya lebih mahal dari suku cadang purnajual atau Aftermarket.
  • Kualitas – Suku cadang asli seringnya diproduksi untuk memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari yang sebenarnya Anda butuhkan agar kendaraan Anda tetap berjalan, oleh karena itu Anda membayar lebih banyak untuk sesuatu yang tidak Anda butuhkan.
  • Akses – Mendapatkan suku cadang asli tidaklah mudah karena suku cadang tersebut hanya terdapat di lokasi – lokasi tertentu.

Apakah itu suku cadang purnajual atau dikenal sebagai Aftermarket?

Suku cadang purnajual adalah suku cadang yang diproduksi oleh perusahaan yang berbeda dengan perushaan manufaktur kendaraan. Namun, ada perusahaan yang memproduksi kedua suku cadang, Original Equipment dan Aftermarket, salah satunya adalah Bosch.

Pro:

  • Harga – Suku cadang purnajual dapat jauh lebih ekonomis dari harga suku cadang asli, tergantung dengan kualitasnya.
  • Kualitas – Banyak merek suku cadang purnajual yang memproduksi suku cadang dengan kualitas tinggi yang memiliki performa baik atau bahkan lebih baik daripada suku cadang asli.
  • Variasi – Terdapat banyak merk suku cadang dan produk purnal jual yang terdapat di pasaran yang menawarkan berbagai macam spesifikasi dan harga yang sesuai dengan kebutuhan pemilik kendaraan.

Kontra:

  • Variasi – suku cadang purnajual dari merek – merek yang berbeda memiliki kualitas yang bervariasi, jadi bersiaplah untuk melakukan riset Anda.
  • Pemilihan – Jika Anda kurang memiliki pengetahuan tentang kendaraan Anda dan caranya bekerja, jajaran suku cadang purnajual yang tersedia di pasaran sangatlah luar biasa, hal ini terkadang membuat anda susah untuk menentukan suku cadang yang tepat bagi Anda.

Jadi, mana yang harus Anda pilih untuk kendaraan Anda?

Pilihan Anda sangatlah bergantung dengan seberapa penting suku cadang bagi Anda, jadi perhatikan pro dan kontra di atas untuk menentukan pilihan terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, Anda perlu ingat menggunakan suku cadang dengan kualitas buruk secara konsisten justru dapat membuat Anda mengeluarkan biaya lebih besar karena Anda akan sering melakukan penggantian suku cadang, dan hal ini dapat merusak kendaraan Anda dan tentu membahayakan keamanan Anda dan penumpang. #GetItRight #StartWithBosch