Menjaga sepeda motor atau skuter tidak terlalu berbeda dengan perawatan mobil, namun hal ini sama pentingnya dengan menjaga kendaraan anda dan juga keselamatan anda. Sebagai panduan dasar, ikuti 5 langkah berikut untuk memastikan kendaraan roda dua anda tetap berjalan dalam kondisi yang terbaik.

1.Selalu jaga keadaan rem anda

Sangat penting untuk menggunakan rem yang baik pada saat mengendarai sepeda motor, karena hal ini dapat menjadi penentu hidup dan mati di situasi darurat dalam berkendara. Periksa rem secara teratur- kampas rem harus memiliki ketebalan yang memadai sesuai pedoman produsen. Standar ketebalan kampas rem adalah tidak boleh kurang dari 2 mm. Selain itu, periksa permukaan cakram rem Anda. Jika cakram logam kasar, kampas rem Anda akan lebih cepat rusak.

2.Periksa ban anda

Tekanan pada ban adalah faktor penting dalam menjaga masa pakai dari ban. Tekanan udara yang terlalu rendah atau tinggi dapat membuat ban menjadi lebih rentan untuk rusak dan memberikan dampak buruk bagi kendali sepeda motor anda. Sebagai tambahan untuk tekanan udara, anda juga harus memeriksa goresan dan kedalaman profil dari ban anda, yang harusnya tidak kurang dari 2mm berdasarkan buku panduan pemilik kendaraan. Beberapa jenis ban memiliki indikator khusus yang akan menunjukkan kapan ban harus diganti.

3.Jaga kebersihan kendaraan

Menjaga kebersihan sepeda motor anda tidak hanya menjaga penampilannya, namun juga penting untuk menjaganya berjalan dengan baik. Pada saat membersihkan, gunakanlah cairan khusus pembersih kendaraan. Anda dapat memulainya pada saat kendaraan anda dingin dengan membersihkan kotoran bandel dan tanah dengan semprotan selang air. Setelah itu, gunakan deterjen pembersih untuk permukaan dan juga pada roda ban, gunakan busa atau sikat yang sesuai untuk bagian bagian yang berbeda. Ingat bahwa rem tidak boleh dibersihkan dengan deterjen karena rem membutuhkan penanganan yang berbeda. Setelah anda selesai membersihkan, keringkan permukaan dengan kain bersih secepatnya karena tetesan air sisa dapat meninggalkan bercak yang kurang enak dipandang. Setelah sepeda motor kering, anda dapat memberikan wax atau produk pelapis permukaan lain.

4. Selalu rawat sistem transmisi anda

Kebanyakan sepeda motor di asia menggunakan rantai sebagai transmisinya, yang sering menjadi tempat untuk minyak, kotoran dan partikel – partikel dari jalanan dan penggunaan yang bertambah. Bersihkan rantai dengan paraffin atau minyak tanah (jangan gunakan air, karena air akan memicu pengaratan) dan cek jarak dari mata rantai dengan mata rantai lain, dua sampai empat milimeter adalah jarak yang baik namun lebih dari nilai tersebut berarti anda sudah harus menggantinya. Setelah itu, berikan pelumas pada rantai anda dengan oli rantai untuk menjaganya dari pengaratan. Gir juga harus diganti ketika anda menemukan penggunaan secara berlebihan ataupun gigi gir yang rusak.

5. Periksa aki anda

Cara untuk menjaga aki anda tergantung dengan jenis aki yang anda gunakan. Untuk aki konvensional, saat penting untuk menambah jumlah air dalam aki setiap saat menggunakan air aki. Sebagai tambahan, Anda juga harus selalu menjaga bagian atas aki anda dari kotoran dan debu. Anda juga harus mengecek kabel dan jepitan dari kerusakan yang terlihat atau pengkaratan atau sambungan yang longgar dan juga bersihkan sambungan dan terminal jika terdapat karat atau kotoran. Jika anda menggunakan aki kering, walaupun nama aki tersebut menyebutkan bahwa tidak membutuhkan perawatan apapun, itu berarti anda tidak perlu menambah jumlah air aki dan anda tetap harus selalu mengecek dan membersihkan sambungan secara teratur.